Diberdayakan oleh Blogger.
RSS
Container Icon

Barakallahu fikum

Selamat datang saudara-saudariku, memulai dengan basmalah yuk ,,, :-)

Karakteristik Anak Umur 3 Tahun (Motorik Halus, Bahasa)

Bismillahirrahmanirrahim

Artikel ini merupakan artikel yang kedua dari blog saya mengenai karakteristik anak umur 3 tahun. Saya orang yang sangat yakin, bawa stimulasi apapun yang berkaitan dengan anak akan menjadi sangat menakjubkan ketika berasal dari Al-Qur'an, kitab suci pedoman saya. Hanya saja sangat perlu keahlian seorang terapis yang memahami dengan benar-benar untuk stimulasi tumbuh kembang anak yang mengalami "ke-khas-an". Dan sungguh, Al Qur'an memiliki hal yang lebih luarbiasa dari pada sekedar yang saya maksud, itu hanya bagian yang sangat kecilnya saja. Di senja ini, bersamaan riuh anak-anak yang bermain diluaran sana, saya mencoba menuliskan berkaitan dengan karakteristik tumbuh-kembang anak umur 3 tahun dalam hal perkembangan motorik halus dan bahasa. Semoga bermanfaat saudariku ,,, ^_^

Motorik Halus

  1. Menempatkan penjepit besar pada papan, merangkai manik-manik besar (meronce), menuang air dengan sedikit tumpahan
  2. Membangun menara-menara balok, dengan mudah mengerjakan puzzle dengan seluruh bagian menjadi satu kesatuan
  3. Dengan cepat merasa lelah jika butuh banyak koordinasi tangan
  4. Menggambar bentuk-bentuk, seperti lingkaran, mulai mendesign benda-benda, seperti rumah atau bentuk, menggambarkan saling berhubungan
  5. Menggenggam krayon atau markek dengan jari-jari dan bukan dengan kepalan tangan. (anak sudah dapat mewarnai)
  6. Menanggalkan pakaian tanpa bantuan, namun butuh bantuan untuk berpakaian, membuka kancing baju dengan terampil, tapi memasang kancing dengan lambat
  7. Secara benar memasukkan biji-bijian dalam botol berleher sempit
  8. Dalam menggambar, meniru lingkaran, meniru silangan, menyebutkan apa yang telah digambarkan, tidak dapat menggambar gambar tongkat.
Bahasa

  1. Mempunyai perbendaharaan kata lebih kurang 900 kata.
  2. Menggunakan bicara telegrafik
  3. Menggunakan kalimat lengkap dari 3 sampai 4 kata
  4. Bicara tanpa henti tanpa peduli apakah seseorang memperhatikannya
  5. Mengulang kalimat dari 6 suku kata
  6. Mengajukan banyak pertanyaan
  7. Menunjukkan peningkatan perbendaharaan kata, berkisar antara 2000 sampai 4000 kata, cenderung menyamaratakan makan dan menciptakan kata-kata sesuai kebutuhannya
  8. Menggunakan kalimat-kalimat sederhana yang terdiri dari setidaknya 3 atau 4 kata, untuk mengekspresikan kebutuhan
  9. Mungkin mengalami kesulitan untuk berbicara secara bergiliran dalam percakapan, mengganti topik dengan cepat
  10. Melafalkan kata-kata dengan sulit, sering membuat kesalahan pada satu atau lebih kata.
  11. Menykai permainan jari dan rima yang sederhana dan mempelajari kata-kata dari lagu-lagu yang sering diulang
  12. Mengadaptasi kalimat dan gaya komunikasi nonverbal dengan cara yang dapat diterima, namun masih harus diingatkan konteksnya
  13. Banyak menanyakan pertanyaan siapa, apa, dimana, dan mengapa, tapi menunjukkan kebingungan dalam merespons beberapa pertanyaan (khususnya kapan, bagaimana dan ketika)
  14. Menggunakan bahasa untuk mengkoordinasikan pikiran, menghubungkan dua ide dengan kombinasi kalimat, menggunakan kata secara berlebihan (tetapi, karena, dan kapan), jarang menggunakan kata-kata temporal seperti sebelum, hingga, atau sesudah secara tepat.
  15. Dapat menceritakan cerita sederhana, tapi sering mengulang kalimat ketika memasukkan ide ke dalam rangkaian kejadian, sering melupakan poin cerita dan sering berfokus pada bagian favorit.
Saya belajar saudariku, bahwa manusia memiliki dimensi yang sangat sempit. 
Bagaimana tidak? 
Dia manusia, hanya akan menjadi seperti apa yang dia tekuni. Rasa dan logika hanya akan dibentuk dari hal-hal yang dia sering terpajan dengannya. Maka menjadi penting adalah senantiasa berdo'a, memohon petunjuk dan perlindungan, semoga kelak pendidikan terhadap anak-anak akan mengantarkan ke tempat yang sesungguhnya berakhir peradaban manusia. 

Kemudian dari pada itu, perlu difahami, bahwa mengejakan Al Qur'an, memahamkan Al Qur'an sangat penting bagi perkembangan bahasa anak. Demikianlah ...
Sebagaimana Ibunda Imam Syafi'i yang telaten dengan hafalan anaknya ...

Allahu musta'aan


17 Rabi'ual Awwal 1436 H
Anak adalah aset masa depan, pendidikan Islam yang benar adalah ikhtiar yang baik

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Follow My Blog, :-)