Diberdayakan oleh Blogger.
RSS
Container Icon

Barakallahu fikum

Selamat datang saudara-saudariku, memulai dengan basmalah yuk ,,, :-)

Protein oh Protein


Bismillahirrahmanirrahim
Protein oh Protein
(copas dot com)

Protein hewani

Protein terdiri dari beberapa asam amino, yang mana sebagian dapat diproduksi oleh tubuh dan sebagian lagi tidak. Asam amino yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh atau disebut dengan asam amino essensial dapat kita peroleh dari makanan. Dibandingkan dengan protein dari tumbuhan, protein hewani seperti daging, ikan, susu, keju, dan telur mengandung semua 9 asam amino essensial yang diperlukan tubuh.
Produk yang berasal dari hewan umumnya mengandung tinggi lemak. Walaupun demikian, bukan berarti kita tidak boleh mengkonsumsinya. Konsumsi daging dan susu yang rendah lemak merupakan solusi yang terbaik untuk mendapatkan kebaikan produk hewani tanpa lemak yang berlebih yang akan memperlambat proses menuju perut sixpack Anda.
=============================================================
1.     Red Meat

Konsumsi red meat seperti daging sapi, kambing dan domba baik untuk tubuh. Selain sebagai sumber protein, red meat juga penting sebagai sumber vitamin B12 and zat besi heme. Vitamin B12 merupakan vitamin yang sulit ditemui pada tumbuhan. Oleh sebab itu, orang yang hanya mengkonsumsi protein nabati memiliki resiko kekurangan vitamin B12. Zat besi terdapat dalam 2 bentuk; heme dan non-heme. Zat besi heme adalah tipe zat besi yang lebih mudah untuk diserap oleh tubuh dibandingkan dengan non-heme. Oleh sebab itu, konsumsi red meat baik untuk memastikan kecukupan zat besi pada tubuh.
=============================================================
2.     White Meat

Ayam merupakan salah satu contoh sumber protein dari white meat. Sama halnya dengan red meat, ayam juga mengandung lemak dan kolesterol. Lemak ayam banyak terdapat pada kulit dan bagian paha ayam, oleh sebab itu pilihlah bagian dada ayam.
=============================================================
3.     Fish

Tentunya kita semua sudah tahu kalau ikan merupakan makanan tinggi protein. Namun, berbeda dengan daging, kita tidak perlu kuatir akan kandungan lemak pada ikan. Beberapa jenis ikan, seperti gindara memiliki kadar lemak yang sangat rendah. Ikan lainnya seperti salmon dan tuna memiliki kandungan lemak yang cukup banyak, namun jangan kuatir karena lemak yang terkandung di dalamnya merupakan lemak baik Omega 3.
=============================================================
4.     Susu dan produk olahannya

80% protein pada whole milk merupakan protein kasein, sedangkan 20% sisanya adalah protein whey. Kombinasi kedua jenis protein ini akan mengoptimalkan latihan sixpack Anda. Protein whey dapat diserap dengan cepat oleh tubuh sehingga cocok untuk dikonsumsi sebelum latihan. Sebaliknya, efek slow release dari protein kasein baik untuk mempertahankan kandungan protein selama Anda tidur. Susu tinggi protein kasein dapat ditemukan pada L-Men Regular Slow Release Formula.
Pada penderita lactose intolerance, konsumsi susu dapat menyebabkan diare, sehingga dapat diganti dengan konsumsi yoghurt. Hal ini memungkinkan karena laktosa pada yoghurt sudah dipecah melalui proses fermentasi. L-Men juga menyediakan solusi lainnya, yaitu melalui L-Men Hi Protein Asiatix. Kandungan laktosa nya yang rendah aman untuk dikonsumsi oleh penderitalactose intolerance.
=============================================================
5.     Telur

Telur adalah salah satu makanan yang lazim untuk dikonsumsi oleh penggemar fitnes untuk memenuhi kebutuhan protein yang tinggi sejak dahulu kala. Why is that? Kualitas protein dinilai dengan beberapa parameter, salah satunya adalah biological value (BV). Semakin tinggi nilai BV artinya protein semakin mudah protein terserap dalam tubuh. Dibandingkan dengan sumber protein lainnya, nilai BV (whole eggs) adalah yang paling tinggi, yaitu 100.
=============================================================
6.     Ikan Teri

Mungkin Anda akan terkejut dengan fakta ini. Yes, makanan yang sering kali disepelekan ini (sering mendapatkan predikat “makanan rakyat”) ternyata tinggi kandungan proteinnya. Walaupun ukurannya kecil, ternyata kandungan proteinnya mencapai 10%. Selain protein, Anda juga bisa mendapatkan kalsium dari konsumsi ikan teri. Kecil-kecil cabe rawit!
=============================================================
Bahan Makanan Kaya Protein Nabati
Protein adalah nutrisi yang sangat diperlukan tubuh dan kecukupan asupannya harus selalu dijaga. Tapi ketika menjalani pola makan vegetarian yang menghindari daging dan produk hewani lainnya, asupan protein bisa menjadi sedikit terganggu. Untungnya ada banyak bahan makanan kaya protein nabati yang bisa dikonsumsi sebagai sumber protein selain daging, di antaranya adalah:
·         Kinoa dan jenis gandum lainnya
Gandum adalah sumber protein nabati yang baik, dan jenis gandum yang paling banyak mengandung protein adalah kinoa, yaitu sejenis biji-bijian dari Amerika Selatan. Selain protein, kinoa juga mengandung semua nutrisi asam amino yang dibutuhkan tubuh. Secangkir kinoa mengandung 18 gram mprotein dan 9 gram serat. Bentuk gandum lain yang bisa Anda konsumsi adalah roti gandum dan nasi merah.
·         Kacang-kacangan dan biji-bijian
Kacang merah, kacang kedelai, kacang polong, kacang mede, almond, dan jenis kacang lainnya mengandung protein yang tinggi. Begitu juga dengan biji-bijian seperti wijen dan biji bunga matahari. Satu cangkir kacang merah mengandung sekitar 13.4 gram protein, sedangkan 2 sendok makan selai kacang mengandung sekitar 8 gram protein. Kelebihan kacang-kacangan lainnya adalah mudah dicari dan fleksibel. Anda bisa mendapatkan kacang-kacangan dengan mudah di pasar atau di supermarket, dan Anda bisa memasaknya dengan berbagai macam cara untuk berbagai macam menu masakan. Tapi karena kandungan lemak pada kacang-kacangan dan biji-bijian cukup tinggi, Anda sebaiknya tidak menjadikannya sebagai sumber protein utama Anda. Tapi kacang-kacangan dan biji-bijian sangat cocok sebagai cemilan setelah berolahraga
·          Tahu dan produk kedelai lainnya
Produk kedelai yang bisa Anda konsumsi sebagai sumber protein di antaranya adalah edamame, keju kedelai, susu kedelai, dll, tapi tahu adalah produk kedelai yang paling mudah didapat dan fleksibel. Setengah cangkir tahu mengandung 10 gram protein, dan susu kedelai mengandung 7 gram protein per cangkir.
·         Tempe
Tempe dibuat dari kacang kedelai yang telah mengalami sedikit proses fermentasi. Sekitar 100 gram tempe mengandung sekitar 18 gram protein.





  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Follow My Blog, :-)