Diberdayakan oleh Blogger.
RSS
Container Icon

Barakallahu fikum

Selamat datang saudara-saudariku, memulai dengan basmalah yuk ,,, :-)

Bahan-Bahan Vitamin A


Bismillahirrahmanirrahim
BAHAN-BAHAN VITAMIN A
(Copas Tetangga Sebelah)



Vitamin A ditemukan secara alami di banyak makanan:
·         Hati (sapi, babi, ayam, kalkun, ikan) (6500 mg 722%)
·         Wortel (835 ug 93%)
·         Daun brokoli (800 mg 89%)
Tentang Brokoli
1.   Sayuran Italia
Brokoli pertama kali ditanam di propinsi Calabria, italia dan diberi nama Calabrese. Setelah sempat singgah di Perancis dan Inggris, brokoli akhirnya tiba di Amerika pada tahun 1920-an. Sayuran berwarna hijau tua ini pertama kali dikembangkan oleh para imigran italia di California. Sejak saat itu, brokoli mulai mendunia. Nama brokoli sendiri diambil dari bahasa latin “brachium” yang berarti “cabang” atau “lengan”.
2.   Tumpukan Gizi
Brokoli adalah sumber vitamin A, Vitamin C, potassium, zat besi dan serat terbaik. Menurut data yang didapat dari Departemen Pertanian Amerika serikat (USDA), satu ons brokoli memiliki kandungan Vitamin C lebih banyak daripada satu buah jeruk, dan mengandung kalsium yang sama dengan segelas susu.
3.   Dikukus, bukan direbus
Menurut journal food of science, merebus brokoli terbukti menghilangkan 35% dari nilai Gizi brokoli. Cara terbaik untuk mengolah brokoli adalah dengan mengukus, memasaknya dalammiicrowave atau menumisnya dengan air atau kaldu.
4.   Makin popular
Menurut data dari USDA, konsumsi brokoli di amerika meningkat sampai 940% dalam 25 tahun terakhir.
5.   Anti kanker
Brokoli mengandung banyak zat phythocemical penting seperti beta-karotin, indoles, dan isotiosianat, yang berfungsi untuk mencegah pembentukan carcinogen, zat penyebab kanker.berdasarkan penelitian di Jhon Hopkins University of Medicine,orang yang mengonsumsi brokoli memiliki resiko jauh lebih kecil untuk terkena berbagai jenis kanker seperti kanker usus,kenker paru-paru dan kanker prostat.
6.   Batang vs daun
Menurut data dari USDA,daun brokoli memiliki lebih banyak vitamin A disbanding batang brokoli.Perbandingannya kandungan vitamin A antara batang dan daun adalah 30:4.Sedangkan,semua kandungan nutrisi yang lainnya sama antara batang dan daun.
7.   Hijau, kuning, dan ungu
Ada 3 jenis brokoli yang dikembangkan diseluruh dunia.Pertama adalah brokoli Italia hijau yang paling sering Anda temui dipasar dengan daun yang besar dan batang yang tebal.Jenis kedua adalah brokoli Romanesco yang berwarna hijau kekuningan dan bentuk daunnya yang menonjol.Tipe brokoli lainnya adalah brokoli yang berwarna ungu dan memiliki daun seperti kembang kol namun lebih kecil.Brokoli jenis ini biasanya dijual di Spanyol,Italia,dan Inggris.
8.   Rekor brokoli
Tom Landers adalah pemegang rekor dunia karenaberhasil menghabiskan stengah kilogram brokoli dalam waktu 92 detik.Sedangkan brokoli terbesar didunia ditanam oleh Jhon Evan dengan berat 15 kg.

9.   Pilih dan simpan
Pilihlah brokoli yang berwarna hijau tua dan memiliki batang yang keras.Hindari memilih batang yang lembek atau kenyal karena berarti nilai gizinya kurang.Setelah membeli brokoli,simpan didalam plastic terbuka tanpa dicuci terlebih dahulu.lalu,letakkan didalam laci lemari es.Brokoli paling baik dikonsumsi satu atau dua hari setelah dibeli.
10.  Produsen terbesar
Berdasarkan data yang didapat dari Organisasi pangan PBB (FAO) Negara produsen brokoli terbesar tahun 2008 adalah Cina (8.585.000 ton),kemudian disusul oleh India (5.014.500 ton) dan Amerika Serikat (1.240.710 ton).
·         Ubi jalar/ketela (709 mg 79%)
·         Mentega (684 mg 76%)
·         Kangkung (681 ug 76%)
·         Bayam (469 ug 52%)
·         Labu (400 mg 41%)
·         Collard hijau (333 mg 37%)
Collard adalah daun yang bentuknya besar dan lebar mirip daun tembakau. Daun ini banyak tumbuh di Brazil, Portugal, selatan America, di beberapa tempat di Africa, Montenegro, Spanyol dan Kashmir.
·         Keju cheddar (265 mg 29%)
Keju Cheddar adalah keju yang relatif keras, berwarna kuning pucat hingga putih gading, dan kadang-kadang memiliki rasa yang kuat. Keju ini berasal dari desa Cheddar di Somerset, Inggris, dan merupakan keju yang paling populer di Britania Raya dengan pangsa pasar sekitar 51% dari £1,9 miliar pasar keju per tahunnya di Britania Raya.
·         Melon (169 mg 19%)
·         Telur (140 mg 16%)
·         Apricot (96 mg 11%)
Pernah mendengar tentang aprikot? Aprikot berasal dari famili Rosaceae, genus Prunus. Buah ini mempunyai hubungan erat dengan persik dan plum dan memiliki rasa yang manis. Aprikot adalah buah asli Cina dan sudah dibudidayakan di China selama ribuan tahun. Buah ini dapat dimakan segar atau kering, dijus, dan juga dibuat selai.
·         Pepaya (55 mg 6%)
·         Mangga (38 mg 4%)
·         Kacang (38 mg 4%)
·         Brokoli (31 mg 3%)
·         Susu (28 mg 3%)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Follow My Blog, :-)